Survey Lokasi Sebelum Acara Kunker BUMDES


Desa Sugihwaras - Siang tadi bapak Kapala Desa Sugihwaras Bp. Syaiful beserta perangkat desa melakukan survey ke Desa Gedog Wetan Kecamatan Turen Kabupaten Malang, Acara kunjungan survey tersebut dilaksankan untuk memastikan waktu dan hari untuk pelaksanaan Study Kooperatif Bumdes bagi seluruh lembaga Desa dan Pengurus Bumdes.

Di Desa Gedog Wetan ini mempunyai 5 Unit Usaha yang dikelola oleh BUMDES Gedog Watan diantaranya :
1. Pasar Desa
2. Laku Pandai BNI
3. Pengolahan Sampah
4. Pengolahan Limbah
5. Kewirausahaan

BUMDES Gedog Wetan sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan awal berdiri memanfaatkan potensi desa yaitu pasar krempyeng yang di kelola dengan baik dan benar sehingga menjadi sebuah pendapatan asli desa yang mencapai kurang lebih 500jt / tahun,Sungguh sebuah nilai yang fantastis untuk mewujudkan Program Desa Mandiri.

Untuk unit usaha bidang lain seperti pengolahan sampah,pengolahan limbah,laku pandai dan kewirausahaan juga berjalan dengan baik dari segi management Sumber Daya Manusia maupun Jiwa serta setara arus kas yang tercatat dengan baik dan transparan. Kebanyakan warga desa Gedog Wetan mempunyai usaha pembuatan sangkar burung dan terkenal dengan produksi Tahu berskala UKM.

Dari beberapa kegiatan usaha masyarakat tersebut sehingga tim Perumus Bumdes melakukan pemetaan kebutuhan warga dan permasalahan yang di hadapi warga untuk di tangani oleh BUMDES, pada akhirnya lahirlah unit usaha bumdes pengolahan limbah untuk memberikan solusi bagi pengusaha Tahu dalam menguraikan limbah hasil pengolahan produksi tahu.

Sungguh sangat luar biasa perjuangan para pengurus BUMDES di Desa Gedog Wetan tersebut dan kami pun sebagai perangkat desa ikut serta dalam perjuangan bersama Bapak Syaiful sebagai kepala desa Sugihwaras untuk mendirikan BUMDES di desa Sugihwaras, demi terciptanya kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.

"Ayo Membangun Indonesia Melalui Desa Secara Bersama-sama"