Kunjungan Kerja Desa Sugihwaras Ke BUMDES Pujon


Desa Sugihwaras - Pada tanggal 29 September 2018 kemarin Bapak Kepala Desa Sugihwaras yaitu Bp. Syaiful mengajak seluruh pemerintahan desa untuk melakukan program Penggalian ide sebelum melangkah pada pendirian BUMDES milik Desa Sugihwaras,Harapan utama dari kegiatan tersebut dilaksanakan ke wilayah Pujon Kidul untuk mempelajari bagaimana cara memunculkan Ide,pengelolaan keuangan yang terbuka dan akuntabel.

Kegiatan ini adalah sebuah langkah awal Bp. Kepala Desa Sugihwaras memajukan serta membangun sebuah SDM ( Sumber Daya Manusia ) yang mampu dan berpengetahuan, Program jangka panjang adalah membentuk sebuah karakter dari masing-masing lembaga yang ada di Desa Sugihwaras agar mempunyai wawasan yang sangat luas,mampu dalam mengembangkan potensi desa, serta berjiwa sosial yang sangat tinggi.

Dengan membawah bait potongan lagu Indonesia Raya "Bangunlah Jiwanya" Bapak Kepala Desa Sugihwaras yaitu Bapak Syaiful akan meningkatkan keilmuan dengan memgadakan bimtek ataupun pelatihan yang sesuai degan kapasitas bidang lembaga yang mereka tangani, Setiap individu anggota lembaga masyarakat yang ada di Desa Sugihwaras sudah menjadi semua maka dengan sendirinya Desa Sugihwaras ini akan membangun dirinya dengan otomatis.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di Desa Pujon Kidul adalah Sebagai Berikut :

1. Unit Usaha Cafe Sawah

Harapan utama adalah para peserta mampu menciptakan sebuah potensi Desa Sugihwaras sehingga munculnya gagasan untuk membentuk Unit Usaha BUMDES milik Desa Sugihwaras.

2. Unit Usaha I-Pam

Sebenarnya di BUMDES Pujon Kidul kita bisa mengambil sebuah hikmah untuk menjadikan awal kebangkitan BUMDES Sugihwaras untuk "Menjawab Permasalahan Warga".

3. Unit Usaha TPST

Sebenarnya unit usaha ini sangat jauh berbeda dengan TPST Desa Sugihwaras baik dari segi lokasi maupun cara pengolahan sampahnya,karena di Desa Sugihwaras TPST sangat dekat dengan pemukima penduduk. Sehingga kemungkinan besar akan berbenturan dengan masyarakat sekitar TPST.

4. Unit Usaha UMKM

Kunjungan ke unit usaha UMKM juga menghasilkan sebuah wawasan bagaimana caranya membuat sebuah produk,Mengemas produk dan memasarkan sebuah produk, baik itu dari swasta ( Perorangan maupun Desa ).

Semoga saja kita diberikan kekuatan Oleh Allah agar senantiasa memberikan sebuah pelayanan yang adil kepada masyarakat,serta diberikan kesabaran dan keikhlasan dalam membangun pondasi mental dan infrastruktur untuk menjadikan Desa Sugihwaras ini Kuat dan Berdikari. Aamiin