Kunjungan Kerja Desa Sugihwaras Ke Desa Turen

Pemerintah Desa Sugihwaras Kolaborasi dengan Pemerintah Desa Gedogwetan dengan didamping oleh Bapak Sekcam Kecamatan Candi.

Desa Sugihwaras - Kunjungan kerja Desa Sugihwaras Kecamatan Candi ke Desa Gedog Wetan Kecamatan Turen Kabupaten Malang dalam rangka kunjungan kerja BUMDES yang dilaksanakan pada hari minggu (30/09/2018) ini menghasilkan beberapa pembelajaran yang sangat berarti, Tujuan utama bapak kepala desa Sugihwaras Bp. Syaiful adalah memberikan Edukasi kepada semua lembaga seperti RT,RW,PKK,Karang Taruna,LPMD,BPD dan Perangkat desa tentang bagaimana caranya mengelola dan mendirikan BUMDES dengan baik,benar dan berkesinambungan.

Bapak kepala desa Sugihwaras selalu menekankan pentingya sebuah tata kelola BUMDES yang akan di dirikan agar membawah dampak manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat tanpa pandang bulu, Antusias para peserta dalam kunjungan kerja tersebut sangatlah tinggi dan itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang di sampaikan pada saat paparan dari Desa Gedogwetan selaku pemilik BUMDES di desa tersebut.

Beberapa pertanyaan diantaranya Bagaiamana caranya memunculkan ide untuk menggali potensi desa?, Cara pengelolaan manajemen BUMDES dan masih banyak lagi yang ditanyakan oleh peserta kunker yang memang langsung di Nahkodai oleh Bapak Syaiful selaku kepala desa Sugihwaras. Dalam paparan di Desa Gedog Wetan kemarin sedikit menyentuh saya yaitu "Semua ide dan gagasan harus lebih kepada Bapak Kades yang memang menjadi ujung tombak dan bertanggung jawab di desa".

Dalam kunjungan kerja tersebut para rombongan diberikan pelatihan untuk membuat produk unggulan yaitu Sabun mandi cair,shampo, dan Sabun cuci cair yang akan di produksi langsung oleh BUMDES Sugihwaras dengan Merk Produk "SEMERBAK". Harapan pemerintah Desa Sugihwaras produk yang dihasilkan ini akan mampu menyaingi produk yang sama namun berbahan kimia Soda Api.

Bahan dari produk sabun milik Desa Sugihwaras ini benar-benar menggunakan bahan dasar alami yang sangat ramah lingkungan,sehat bagi penggunanya serta harga yang sangat ekonomis.

Setelah diberikan pelatihan membuat produk unggulan desa, selanjutnya rombongan di bagi menjadi 2 kelompok untuk mengunjungi 2 Unit usaha milik BUMDES yaitu :

1. Pasar Desa milik BUMDES Gedog Wetan yang mendapatkan penghargaan Pasar Desa No. 1 se Jawa Timur pada tahun 2016 denga dengan kategori "Pengelolaan Pasar Desa Terbaik".

2. Unit UMKM yaitu pembuatan sangkar burung yang memang menjadi penghasilan utama bagi masyarakat desa selain membuat Produk makanan Tahu.

Dari semua kegiatan tersebut banyak sekali pelajaran yang bisa di petik baik dari materi paparan maupun melihat langsung proses produksi dari Unit UMKM. Semoga Desa-desa lain se kecamatan candi mengikuti jejak kebaikan kami kemarin.

Sekian....