Sosialisasi Bank Sampah Zero Waste


Desa Sugihwaras - Pada tanggal 14/11/2018 Desa Sugihwaras kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mengadakan giat desa dalam tema Sosialisasi bank sampah oleh Kader Zero Waste Sidoarjo. Dalam materi sosialisasi tersebut banyak sekali paparan tentang dampak mengerikan dari sampah yang kita produksi setiap hari.

Disamping memberikan paparan bahaya dari sampah tersebut juga di sampaikan bagaimana untuk mengolah sampah menjadi berkah dengan melakukan pemilahan sampah basah dengan kering dalam naungan Bank Sampah, Kepala Desa Bp. Syaiful berharap setiap RT mempunyai masing-masing satu bank sampah selain bertujuan untuk mengurangi volume sampah juga sebagai sarana penghasilan sampingan untuk warga.

Hasil dari pemilahan sampah tersebut sebenarnya sangat lumayan besar kalau kita menilik pada bank sampah di daerah bogor dan sekitarnya, Setiap 2 minggu warga bisa mengantungi Rp. 350.000 dalam sekali menjual sampah plastik yang mereka pilah. Sungguh angka yang luar biasa yang bisa kita dapatkan dari pembuangan.

Setelah di laksanakan Sosialisasi bank sampah tersebut banyak warga yang antusias untuk segera mendirikan bank sampah di lingkunganya, namun kendala yang mereka alami adalah bagaimana memulai untuk pertama kali mendirikan sampah.

Ibu Ririn selaku koordinator Zero Waste wilayah candi memberikan sebuah trik untuk memulai mendirikan bank sampah sebagai berikut :

1. Kita sosialisasikan ke ibu-ibu arisan PKK
2. Kita bentuk terlebih dahulu panitia dan nama bank sampahnya.
3. Kita mulai dengan penyetoran awal dari para pengurusnya.
4. Setelah banyak warga bergabung maka kita buatkan pembukuan yang transparansi.

Setelah melihat animo warga yang menggebu Bp. Syaiful selaku kepala desa Sugihwaras menyatakan akan menyumbangkan satu timbangan untuk Bank Sampah yang sudah terbentuk, dan pernyataan ini di sambut dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin yang datang di sosialisasi tersebut.

Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi bank sampah tersebut mampu memghasilkan kesadaran bagi seluruh warga desa untuk ikut andil dalam mengurangi sampah.