Cara Menginstal Aplikasi SisKeuDes

SisKeuDes merupakan Aplikasi yang dibesut oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang bertujuan untuk memudahkan Desa/Gampong/Kampung dalam menyusun dan mengelola keuangan Desa yang lebih efektif dan efisien atau dengan kata lain “sekali tepuk dua tiga atau empat lalat binasa”.
Aplikasi SisKeuDes mulanya bernama SIMDA DESA sebagai Pelaporan Akhir APBDes/APBG/APBK. Namun, setelah malang melintang di Keuangan Desa akhirnya lahirlah sebutan SisKeuDes (Sistem Keuangan Desa).

Hadirnya Aplikasi SisKeuDes dalam ranah Keuangan Desa/Gampong/Kampung dipelopori oleh orang-orang penting di jajaran Pemerintahan Pusat, seperti: Direktif Presiden, Permintaan DPR RI, Rekomendasi KPK (Komite Pemberantasan Korupsi) dan si Auditor Keuangan BPKP.
Dasar Hukum/Peraturan lahirnya SIsKeuDes
a. UU No.6 Tentang Desa.
b. Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.
c. Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.
d. PP Nomor 60 Tahun 2014 juncto PP Nomor 22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.
e. PMK Nomor 247 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan,& Evaluasi Dana Desa
Fitur – Fitur Tentang Aplikasi SisKeuDes:
Siskeudes
Fitur aplikasi SisKeuDes
Ok, Sekilas Tentang SisKeuDes. Sekarang langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan kita.
Cara Menginstal Aplikasi SisKeuDes
Yang Pertama siapkan Kopi atau Teh karena kita akan Focus. Sebelum menginstal SisKeudes terlebih dahulu kita harus punya Aplikasinya. Untuk mendapatkan aplikasi SisKeuDes silahkan hubungi BPM (Badan Pemberdayaan Masyarakat) yang ada di wilayah anda masing-masing. 
Sengaja tidak saya sediakan berhubung parameter yang ada dalam aplikasi berbeda antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. Bagi yang Ingin Belajar silahkan Download Aplikasinya Disini
Bagi yang sudah punya Aplikasinya, kita lanjut ke langkah ke dua yaitu pemeriksaan Spesifikasi Laptop atau komputer temen – temen. Aplikasi SisKeuDes berjalan pada OS WINDOWS dan berjalan sangat baik pada WINDOWS XP,WINDOWS 7 dan WINDOWS 8 maupun WINDOWS 10, Dengan catatan Microsoft Officenya menggunakan Microsoft Office 2003, 2007 s/d 2011 dengan catatan Microsoft Office Accesnya Driver ODBC for Microsoft Acces (Jet OLEDB 4.0). Adapun Hardware Komputer yang dibutuhkan adalah Intel Celeron 1,5 Ghz dengan RAM Minimal 1 GB dan HardDisk Kosong minimal 10 GB.
Langkah Ketiga, Buka Folder SisKeuDesnya dan cari Config, Klik Kanan dan Delete. 

Setelah itu, Klik Kanan dan Pilih:
Cara Install SisKeuDes
Tahapan Instalasi SisKeuDes
Tunggu Sejenak sampai Muncul Gambar


Instalasi SisKeuDes
Instalasi SisKeuDes
klik pada gambar …. (1), Pilih databasenya, kemudian Pilih ODBC (2), dan klik Test (3) dan Terakhir Simpan dan tekan Ya pad Perintah Mau Mengkonfigurasi Data. sampai muncul kotak dialog Login User. Jika Sobat Mendownload Aplikasinya disini, maka pada User ID nya isi dengan operator,pada passwordnya isi dengan operator dan pada tahunnya sobat bisa sesuaikan dengan tahun berjalan APBDes.
Mengapa harus ODBC????? Pada dasarnya ODBC akan lebih menjaga File dari corrupt atau kerusakan. Dan Kelebihan lainnya adalah ODBC dapat mengolah dan mem-print hasil Siskeudes kita, sedangkan Dirrect Acces hanya bisa mengolah tapi tidak bisa mem- print hasil olahan di SISKEUDES kita.
Aplikasi SISKEUDES sudah Terinstall di perangkat teman teman, Cara menjalankan Aplikasinya akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.. 

Semoga Artikel ini Bermanfaat…….